//
you're reading...
Promosi Kesehatan

Satu jam Yang menakjubkan


“Satu jam Pertama” Yang Menakjubkan kata ini dikutip dari buku Inisiasi Menyusu Dini, dr Hj. Utami Roesli, dalam tulisan beliau selanjutnya disampaikan bahwa ada satu hal yang selama ini tidak disadari dan tidak dilakukan baik oleh orang tua maupun tenaga medis tetapi begitu vital bagi kehidupan bayi selanjutnya. …Ternyata, dalam satu jam pertama setelah melahirkan, ada perilaku yang menakjubkan antara bayi dan ibunya. Peristiwa itu adalah jika setiap bayi baru lahir diletakkan di perut ibu segera setelah lahir, dengan kulit ibu melekat pada kulit bayi, bayi mempunyai kemampuan untuk menemukan sendiri payudara ibu dan memutuskan waktunya untuk menyusu pertama kali.

Apa itu Inisiasi Menyusu Dini? Untuk selanjutnya disingkat IMD, adalah bayi mulai menyusu sendiri segera setelah lahir. Sungguh sangat mempesona bayi baru lahir berjuang sendiri merangkak ke arah payudara menemukan puting susu ibunya, si bayi yang masih merah itu ternyata bisa memenuhi apa yang menjadi insting pertama dalam hidupnya, mencari sumber kehidupannya yakni minum air susu dari Ibu yang melahirkannya. Padahal selama puluhan tahun kita sebagai orang tua berpendapat bahwa bayi baru lahir tidak mungkin dapat menyusu sendiri.

Lalu hal-hal apakah yang harus dipersiapkan oleh seorang ibu untuk melakuka Inisiasi Menyusu Dini bagi bayinya akan dilahirkan?

Berikut ini langkah-langkah melakukan IMD yang dianjurkan

• Dianjurkan suami atau keluarga mendampingi ibu saat persalinan.

• Disarankan juga tidak menggunakan bahan kimia saat persalinan, karena akan mengganggu dan mengurangi kepekaan bayi untuk mencari puting susu ibu.

• Begitu lahir, bayi diletakkan di perut ibu yang sudah dialasi kain kering.

• Keringkan seluruh tubuh bayi termasuk kepala secepatnya, kecuali kedua tangannya,

• tali pusat dipotong lalu diikat.

• Vernix (zat lemak putih) yang melekat di tubuh bayi sebaiknya tidak dibersihkan karena zat ini membuat nyaman kulit bayi.

• Tanpa dibedong, bayi langsung ditengkurapkan di dada atau perut ibu sehingga terjadi kontak kulit bayi dan kulit ibu.

• Ibu dan bayi diselimuti bersama-sama. Jika perlu, bayi diberi topi untuk mengurangi pengeluaran panas dari kepalanya.

Pentingnya Kontak Kulit & Menyusu Sendiri 1. Mengapa kontak kulit dengan kulit segera setelah bayi lahir dan bayi menyusu sendiri dalam satu jam pertama kehidupan sangat penting? 2. Dada ibu menghangatkan bayi dengan tepat selama bayi merangkak mencari payudara. Ini akan menurunkan kematian karena kedinginan (hypothermia).

3. Ibu dan bayi merasa lebih tenang. Pernapasan dan detak jantung bayi lebih stabil. Bayi akan lebih jarang menangis sehingga mengurangi pemakaian energi. 4. Saat merangkak mencari payudara, bayi memindahkan bakteri dari kulit ibunya, dan dia akan menjilat-jilat kulit ibu, menelan bakteri baik di kulit ibu. Bakteri baik ini akan berkembang biak membentuk koloni di kulit dan usus bayi, menyaingi bakteri jahat dari lingkungan.

5. Ikatan kasih sayang antara ibu-bayi akan lebih baik karena pada 1-2 jam pertama, bayi dalam keadaan siaga. Setelah itu biasanya bayi tidur dalam waktu lama.

6. Makanan awal non ASI mengandung zat putih telur yang bukan berasal dari susu manusia, misalnya susu hewan. Hal ini dapat mengganggu pertumbuhan fungsi usus dan mencetuskan alergi lebih awal. 7. Bayi yang diberi kesempatan menyusu dini lebih berhasil menyusui eksklusif dan akan lebih lama disusui. 8. Hentakan kepala bayi ke dada ibu, sentuhan tangan bayi diputing susu dan sekitarnya, emutan dan jilatan bayi pada puting ibu merangsang pengeluaran hormon oksitosin.

9. Selamat mencoba dan terima kasih untuk menyebarluaskan informasi ini.

About Mbah Yat

yatinem ibu 4 orang anak

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: