//
you're reading...
Promosi Kesehatan

Kepuasan Pasien Bukti Pelayanan Bermutu


imagesbidandelima2

Profesi Bidan merupakan salah satu profesi di bidang kesehatan yang mendapat sorotan tajam belakangan ini, seiring makin tingginya tuntutan pelayanan kesehatan yang bermutu. Sebagai profesi yang menangani masalah kehamilan mulai awal kehamilan, masa kehamilan, persalinan dan masa nifas. Interaksi antara bidan dan pasien / ibu hamil dipastikan berlangsung erat, sangat dekat dan berdasarkan saling percaya. Dalam praktek dilapangan, baik bidan sebagai penyedia jasa dan pasien / ibu hamil sebagai klien tentunya sama-sama punya keinginan yang kuat agar pelayanan yang berlangsung memiliki mutu yang optimal.



Menurut Buku Acuan Nasional Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal, pelayanan yang bermutu adalah apabila pasien mendapatkan pelayanan, perhatian dan pemenuhan hak yang terbaik. Namun selama ini senantiasa terbentur oleh bagaimana cara mengukur mutu pelayanan tersebut.

Ada banyak criteria penilaian yang dapat digunakan untuk mengevaluasi pelayanan yang diberikan kepada pasien. Namun yang paling penting adalah kita dapat melihat langsung dari tingkat kepuasan yang dirasakan pasien. Ungkapan kepuasan pasien yang kita layani dapat menjadi bukti mutu pelayanan yang diberikan.

Tiga Kunci Kepuasan Paien

1. Pengobatan dan tindakan medis yang tepat

Pelayanan terbaik sudah barang tentu berdasarkan tindakan yang dilakukan sesuai standard medis dan kompetensi yang berlaku. Untuk mengoptimalkan standard dan kompetensi ini, maka praktisi kebidanan harus selalu berupaya mengikuti berbagai perkembangan dan kemajuan yang ada. Misalnya dengan mengikuti pelatihan atau seminar tentang kebidanan yang diadakan secara rutin.

2. Memenuhi Hak Pasien

Tanpa memandang asal pasien, usia, agama, status social ekonomi, status perkawinan dan bahkan perilaku seksualnya, setiap pasien harus dijamin untuk dapat memperoleh haknya, yaitu :

a. Hak memperoleh informasi tentang kondisi klinis yang mereka alami, sesuai dengan kondisi sesungguhnya dan perlu diberikan dengan sejelas-jelasnya.

b. Hak untuk bertanya mengenai masalah klinis tang terjadi dan rencana pengobatan yang mereka hadapi.

c. Hak untuk diberi pelayanan secara pribadi, dalam arti pasien diperlakukan secara individual dan mengetahui siapa saja petugas medis yang terlibat dalam pengobatan dirinya.

d. Hak untuk menyatakan pandangannya tentang pelayanan yang mereka peroleh termasuk bila ada hal-hal yang membuat pasien tidak puas.

e. Hak untuk memutuskan secara bebas mengenai tindakan medis atau jenis pengobatan yang akan dilakukan terhadap dirinya.

3. Membina Hubungan Dan Komunikasi Yang Baik

Hubungan dan komunikasi yang berjalan baik akan memudahkan pencapaian pelayanan kebidanan yang bermutu. Bila hubungan bidan dengan pasien tidak baik, sebaik apapun tindakan medis dan pemenuhan hak yang telah diberikan pasti akan dirasakan adanya kekurangannya oleh sang pasien. Sebaliknya bila hubungan baik terjalin secara optimal, pasien akan lebih kooperatif dan memiliki rasa percaya kepada kita selaku pemberi pelayanan kebidanan. Bahkan pasien yang sudah memiliki hubungan baik dan percaya, kalaupun ada sedikit kekurangan yang terpaksa harus terjadi dalam pelayanan medis, tidak akan mempermasalahkan dan memakluminya.

Oleh-oleh dari Konggres IBI ke-14 di Padang, Sumbar (2-6 November 2008)

About Mbah Yat

yatinem ibu 4 orang anak

Diskusi

7 thoughts on “Kepuasan Pasien Bukti Pelayanan Bermutu

  1. Seorang Bidan kalo sudah dicap “BIDAN DELIMA” memang harus sudah oke dalam segala hal pelayanan. salam kenal N sukses….😀

    Posted by puskemascukir | April 15, 2009, 12:56 am
  2. memeng benar itu dan harus ingsaallah bidan delima oke-oke n bagus dlam trjun kmsarakat

    Posted by ina | September 10, 2009, 1:55 am
  3. YAW BNAR
    N Q YKIN BIDAN DELIMA INGSAALAH THE BEST

    Posted by NUR | September 10, 2009, 1:58 am
  4. askum wr wb

    bidan delima sudah pasti dari segi pelayanan dan pengetahuan BERMUTU
    bermutu disisni memiliki pengertian yang sangat luas

    dengan adanya bidan delima terutama bertambahnya bidan2 baru di harapkan kesejahteraan KIA dapt di capai

    CHAYOOO buat para bida
    ALLAH bless u all

    Fevi,Rinda,Kurnia,Relang,Rizky,Leyla,Indun,Wida

    Posted by bidan BLOK E 33 kaliwungu jombang | Oktober 17, 2009, 2:23 am
  5. bidan andalan dg pelayanan berkualitas

    Posted by ai | September 13, 2011, 7:42 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: