//
you're reading...
warta sekitar

Cara Mudah Belaja Bahasa Inggris Anak-Anak


5 Cara Termudah Belajar Bahasa Inggris Bagi Anak

In: Belajar

11 Feb 2009

Sumber gambar : Dictionary by Jovike

Teman-teman pernah ngerasa kesulitan belajar bahasa Inggris ? Nilai bahasa Inggris di rapot jelek ? Jangan khawatir, di tulisan kali ini, kakak Fadli akan membagikan tips gimana caranya agar kalian bisa belajar bahasa Inggris dengan mudah dan nyenengin. Sebelum nulis ini kakak udah mencoba tips-tips ini loh. Dan Alhamdulillah berhasil. Jadi rasanya sayang kalau tips ini cuma mengendap di otak kakak saja, makanya kakak akan membaginya di blog ini.

Kenapa sih harus bisa bahasa Inggris ?

Hmm.. seperti yang kita tahu, bahasa Inggris ini menjadi bahasa internasional saat ini. Dan pengetahuan di luar sana masih banyak yang ditulis dalam bahasa Inggris. Nah, kalau ingin pengetahuan kita luas dan tidak hanya itu-itu aja, sebaiknya kita bisa menguasai bahasa ini.

Dengan bahasa Inggris pula kita bisa berkomunikasi dengan temen-temen lain di belahan dunia lain. Kita bisa belajar banyak dari mereka. Budayanya, kebiasaan mereka, ilmu mereka, dan masih banyak hal-hal lainnya yang bisa kita serap. Tapi tentu aja yang kita ambil hanya yang positifnya aja. Tinggalkan aja yang buruk dan ga’ sesuai dengan norma agama dan budaya kita. Ok ?

Nah, setelah udah tahu manfaatnya, sekarang kakak akan bahas satu per satu tipsnya. Dibaca baik-baik ya.

# 1. Jangan dibuat pusing dulu

Kebanyakan dari kita, ketika dihadapkan pada pelajaran bahasa Inggris, langsung mengerutkan dahi. Menganggap pelajaran ini sebagai momok yang menakutkan. Kalau sudah begini, walaupun sebetulnya pelajaran tersebut asyik dan menyenangkan, karena kita sudah men-cap-nya sebagai pelajaran yang menakutkan, maka kita tidak akan pernah bisa menikmati pelajaran itu.

Cobalah teman-teman mulai menyukai bahasa Inggris. Sebagai pembelajar pemula, jangan terlalu pusing dulu dengan penggunaan tata bahasa bahasa Inggris. Ngomong atau tulis aja sesuatu dalam bahasa Inggris terserah kalian. Urusan salah itu nanti belakangan. Yang penting enjoy dulu dengan bahasa Inggrisnya. Bisa kan ?

# 2. Hapal kosa kata

Apapun bahasanya, hal yang terpenting adalah kosa kata. Mau itu bahasa Jawa, Bugis, Indonesia dan Bahasa Inggris sekalipun. Coba ingat ketika teman-teman masih kecil dulu. Apakah teman-teman waktu itu peduli dengan aturan tata bahasa Indonesia yang benar. Ga kan ? Tapi orang dewasa dan teman-teman kita bisa mengerti apa yang kita bicarakan kan ?

Jadi ketika baru belajar Bahasa Inggris, jangan terlalu peduli tata bahasa dulu. Hapalkan saja kosa katanya. Cara untuk menghapal yang mudah adalah dengan menuliskan kata yang akan kita hapal pada selembar kertas kecil seukuran kartu nama. Nah, hapalan tadi bisa kita bawa kemana-mana. Sambil menghapal, sekalian dipraktekkan deh kata tadi dengan ucapan kita.

Bicara dengan diri sendiri juga ga pa pa. Yang penting kalian pede (percaya diri). Tapi jangan sampai dikira orang gila ya. Hehehe.

# 3. Cari lawan bicara

Nah setelah cukup menghapal beberapa kosa kata, cobalah cari orang lain untuk diajak bicara. Bisa bapak atau ibu kita, kakak, teman, atau turis-turis asing yang kebetulan kita temui di jalan. Kakak yakin, mereka akan senang dengan anak-anak yang mau belajar dimana aja.

Kalaupun bahasa Inggris kita masih jelek, jangan takut. Orang yang kita ajak bicara pasti akan mengerti dan mau mengoreksi kesalahan kita. Percaya deh sama kakak.

# 4. Baca tulisan berbahasa Inggris

Nah, kalau ini pasti kalian suka. Baca buku. Tapi kalau selama ini kalian terbiasa membaca buku yang berbahasa Indonesia, coba deh sekali-kali membaca buku-buku berbahasa Inggris. Ga harus tulisan yang berat-berat. Banyak kok di perpustakaan atau toko buku yang menyediakan buku-buku cerita anak bergambar dalam bahasa Inggris.

Kalaupun ada kata yang ga’ dimengerti kalian jangan langsung berhenti. Baca aja terus. Entar kalian akan mendapatkan gambaran umum dari artikel itu. Nah, kalian kan nanti bisa ngira-ngira arti kata yang ga tau tadi.

Soalnya, dalam bahasa itu yang paling penting adalah kita bisa mengerti maksud dari ungkapan bahasa itu. Jadi, kalau ada beberapa kata yang ga dimengerti dan kita mengerti maksud tulisan itu, udah cukup kok.

# 5. Terus menerus

Setelah semua usaha itu kita lakukan, langkah selanjutnya adalah mengulang secara terus menerus. Ya, tanpa pengulangan yang terus menerus, kemampuan kita akan turun. Jangan pernah menyerah dalam belajar apapun. Memang ada saatnya kita lelah belajar sesuatu, tetapi jangan sampai kita tidak belajar sama sekali. Kalaupun lelah, tetaplah mempelajari sesuatu dari yang kita senangi dulu.

Misalnya dengan membaca komik atau bermain bersama teman-teman lainnya. Ketika kita sudah merasa bersemangat, baru kita belajar lagi.

Intinya jangan menyerah ya ! Masa’ anak Indonesia malas-malas ? Ga mau kan ?

Jadi mudahan tips tadi bisa berguna bagi teman. Sesungguhnya, tips tadi ga hanya untuk bahasa Inggris loh. Tips tadi bisa kita gunakan untuk mempelajari semua bahasa asing.

Oh ya, kalian punya tips tambahan. Kakak boleh tahu ? Siapa tahu bisa ngebantu teman-teman lainnya. Kalau ada tulis aja di kolom komentar..

About Mbah Yat

yatinem ibu 4 orang anak

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: