//
you're reading...
Bab III, KTI

Bab III


BAB III

METODE PENELITIAN

III.1.    Desain Penelitian

Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif yaitu suatu bentuk penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan fenomena-fenomena yang ada, baik fenomena alamiah maupun fenomena buatan manusia. Fenomena itu bisa berupa bentuk, aktivitas, karakteristik, perubahan, hubungan, kesamaan, dan perbedaan antara fenomena yang satu dengan fenomena lainnya (Sukmadinata, 2006:72).

Penelitian deskriptif merupakan penelitian yang berusaha mendeskripsikan dan menginterpretasikan sesuatu, misalnya kondisi atau hubungan yang ada, pendapat yang berkembang, proses yang sedang berlangsung, akibat atau efek yang terjadi, atau tentang kecendrungan yang tengah berlangsung.

Furchan (2004:447) menjelaskan bahwa penelitian deskriptif adalah penelitian yang dirancang untuk memperoleh informasi tentang status suatu gejala saat penelitian dilakukan. Lebih lanjut dijelaskan, dalam penelitian deskriptif tidak ada perlakuan yang diberikan atau dikendalikan serta tidak ada uji hipotesis sebagaimana yang terdapat pada penelitian eksperiman.

III.2.    Kerangka Kerja

Kerangka penelitian dapat dilihat pada gambar 3.1 sebagai berikut :

Pengetahuan Ibu Hamil tentang tanda bahaya kehamilan Usia, Paritas, Pekerjaan dan sumber informasi

Gambar III.1 Kerangka Kerja penelitian Pengetahuan Ibu hamil tentang tanda bahaya kehamilan di Puskesmas Pembantu Karangbendo.

III.3. Definisi Opersional dan Cara Pengukurannya

Tabel III.1. Definisi Operasional

Variabel Definisi

 

Operasional

Cara

 

pengukur

an

Katagori Skala

 

ukur

Pengetahuan Ibu hamil tentang tanda bahaya kehamilan

 

Segala sesuatu yang diketahui atau dijawab oleh responden Tentang tanda – tanda bahaya kehamilan Kuesioner

 

  1. Kurang apabila : Pertanyaan di jawab benar oleh Ibu : <56%
  2. Cukup, apabila pertanyaan dijawab benar oleh Ibu : 56%-75%
  3. Baik, apabila pertanyaan dijawab benar oleh Ibu : 76% – 100%

Ordinal

Lanjutan Tabel : III.1.

Variabel Definisi

 

Operasional

Cara

 

pengukur

an

Katagori Skala

 

ukur

Pendidikan

 

Pendidikan for-mal yang pernah dicapai responden berdasarkan ke-pemilikan ijazah terakhir sampai di wawancara Kuesioner 1 : SD

 

2 : SLTP

3 : SLA

4 : PT

Ordinal

 

Pekerjaan Aktivitas yang dilakukan diluar rumah dengan pendapatan yang dinyatakan deng-an uang Kuesioner 1 : Tidak bekerja

 

2 : Bekerja

Nominal

 

Paritas Jumlah anak yang pernah dilahirkan ibu Kuesioner 1 : Melahirkan 1X

 

2 : Melahirkan 2-4 X

3 : Melahirkan >5 X

Ordinal

 

Sumber Informasi Sumber informasi tentang tanda bahaya kehamilan Kuesioner 1 : Tenaga Kesehatan

 

2 : Masyarakat

3 : Media Cetak / Elektronik

Ordinal

III.4.    Populasi Penelitian

Populasi adalah sekumpulan kasus yang memenuhi syarat tertentu berkaitan dengan masalah penelitian . Populasi adalah setiap subjek penelitian yang mermenuhi karakteristik yang telah ditentukan (Notoatmodjo, 2002).

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu hamil yang ada di wilayah kerja Puskesmas Pembantu Karangbendo Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar. Periode bulan Juli 2008 s/d bulan Desember 2008 sejumlah 42 orang.

III.5. Sampel, besar Sampel dan Cara Pengambilan Sampel

III.5.1. Sampel

Sampel adalah sebagian yang diambil dari keseluruhan obyek yang diteliti dan dianggap mewakili seluruh populasi (Notoatmodjo, 2005). Adapun penentuan sampel didasarkan atas kriteria inklusi. Kriteria Inklusi merupakan persyaratan umum yang harus dipenuhi oleh subyek agar dapat diikutsertakan sebagai sumber data dalam penelitian. Adapun kriteria inklusi pada penelitian ini adalah:

  1. Ibu hamil yang datang berkunjung ke puskesmas dan posyandu di wilayah kerja Pustu Karangbendo.
  2. Ibu hamil yang datang berkunjung ke puskesmas dan posyandu di wilayah kerja Pustu Karangbendo yang dapat membaca dan menulis.
  3. Ibu hamil yang datang berkunjung ke puskesmas dan posyandu di wilayah kerja Pustu Karangbendo yang tidak mempunyai gangguan pendengaran dan penglihatan.
  4. Ibu hami yang bersedia menjadi responden

Kriteria eksklusi dalam penelitian ini adalah :

  1. Ibu hamil yang tidak ada ditempat atau sedang sakit pada waktu pengumpulan data.
  2. Ibu hamil yang tidak mau menjadi responden.

III.5.2. Besar Sampel

Besar sample merupakan banyak anggota yang dijadikan sample. Sampel adalah sebagian dari populasi yang dipilih dengan cara tertentu hingga dianggap mewakili populasinya (Notoatmodjo, 2002).

III.5.3. Cara Pengambilan Sampel

Tekhnik pengambilan sampel dengan cara “quota sampling” yaitu pengambilan sampel dengan cara menetapkan sejumlah anggota sample secara quoturn atau jatah. Adapun alasan peneliti mengambil cara ini adalah populasi sebagai estimasi yang diambil yaitu pada bulan Desember 2008. Dengan rumus perhitungan menurut Notoatmodjo, (2002) sebagai berikut:

n      =          N  /     N (dxd) + 1

n      =          42 /      42 (0,01) + 1

n      =          42 : 1,42

n      =          29,57 (dibulatkan menjadi 30 )

Keterangan :

N  = Besar populasi

n   =  Besar Sampel

d        = Tingkat Kepercayaan yang diinginkan (0,1) Notoatmodjo, 2002). Berdasarkan perhitungan di atas, didapatkan jumlah sampel sebesar 30 orang .

III.6.    Lokasi dan waktu Penelitian

III.6.1.         Lokasi penelitian dilakukan di Puskesmas Pembantu Karangbendo Kabupaten Blitar dengan pertimbangan wilayah kerjanya luas .

III.6.2.    Waktu Penelitian

Penelitian dilakukan mulai tanggal bulan Maret 2009 sampai dengan bulan Mei 2009.

III.7     Teknik Pengumpulan Data dan Prosedur Penelitian

III.7.1.    Tekhnik Pengumpulan Data

Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner yang telah dibuat oleh peneliti dengan mengacu pada kerangka konsep ke dalam bentuk pertanyaan tertutup dengan memilih alternatif jawaban yang disediakan. Pengambilan data dilakukan setelah ibu diberi penjelasan telebih dahulu mengenaii tujuan dan tata kerja penelitian serta bersedia untuk dijadikan sampel penelitian. Ibu kemudian diminta untuk mengisi dengan lengkap kuesioner yang telah disediakan.

Tata cara peneltian adalah selama pengambilan data, peneliti mendampingi ibu agar dapat memberikan penjelasan terhadap pertanyan yang tidak dimengerti oleh ibu. Peneliti memeriksa kembali kelengkapan jawaban dari kuesioner yang telah diisi ibu.

III.7.2.   Prosedur Penelitian

Sebelum dilakukan pengolahan data, variabel penelitian diberikan skor dengan bobot jawaban pada tiap pilihan jawaban dari pernyataan yang disediakan. Pengolahan data yang dilakukan dengan tahap sebagai berikut:

  1. a. Editing:

Melakukan pemeriksaan terhadap kelengkapan dan kejelasan jawaban kuesioner dan penyesuaian data yang diperoleh dengan kebutuhan penelitian hal ini dilakukan di lapangan sehingga apabila terdapat data yang meragukan ataupun salah maka akan dijelaskan lagi ke responden.

  1. b. Coding

Mengkode data merupakan kegiatan mengklasifikasikan data memberi kode untuk masing-masing kelas terhadap data yang diperoleh dan sumber data yang telah diperiksa kelengkapannya

  1. c. Skoring

Pertanyaan yang diberikan skor hanya pertanyaan yang berhubungan dengan pengetahuan tentang tanda bahaya kehamilan, tahap ini meliputi nilai untuk masing- masing pertanyaan dan penjumlahan hasil skoring dari semua pertanyaan.

  1. d. Entry

Data yang sudah diberi kode kemudian dimasukkan ke dalam komputer.

  1. e. Cleaning

Merupakan kegiatan pengecekan kembali data yang dimasukan dilakukan bila terdapat kesalahan dalam memasukan data yaitu dengan melihat distribusi frekuensi dari variabel-variabel yang diteliti.

III.7.3.   Tehnik Analisa Data

Analisa data yang akan digunakan adalah analisa secara univariat yaitu distribusi frekuensi dari masing masing variabel, dan analisis tabulasi  silang yang betujuan untuk menganalisis distribusi frekuensi pengetahuan berdasarkan karasteristik ibu Dimana hasil penelitian dilakukan interpretasi data dari item pertanyaan dengan cara menghitung presentase jawaban. Selanjutnya untuk setiap item yang dijawab diberi nilai sesuai dengan katagori yang telah ditentukan. Adapun untuk pengolahan data pengetahuan menggunakan presentase dengan rumus:

P= (a/b) x 100%

Keterangan :

P : Persentase

a : Jumlah pertanyaan yang dijawab benar.

b : Jumlah semua pertanyaan.

Alasan menggunakan rumus ini, karena jawaban setiap responden berbeda dan dihitung berdasarkan setiap jawaban, kemudian interprestasi data dari hasil penelitian dikelompokkan dalam 3 kategori, yang mengacu pada teori Arikunto (2003), yaitu :

1. Baik : Bila pertanyaan dijawab benar oleh ibu 76% – 100%

2. Cukup : Bila pertanyaan dijawab benar oleh ibu 56% – 75%

3. Kurang : Bila pertanyaan dijawab benar oleh ibu <56%

III.8.        Etika penelitian

Dalam melakukan penelitian, peneliti mengajukan permohonan ijin kepada Kepala Puskesmas Ponggok Kabupaten Blitar . Kemudian kuesioner dikirim ke subyek yang diteliti dengan menekankan masalah etika yang meliputi :

III.8.1. Lembar Persetujuan (Informconsent)

Lembar persetujuan diedarkan kepada responden dengan memberi penjelasan tentang maksud dan tujuan penelitian yang akan dilakukan, serta menjelaskan manfaat yang akan diperoleh bila bersedia menjadi responden. Tujuan responden agar mengetahui dampak yang akan terjadi selama pengumpulan data. Jika subyek bersedia menjadi responden, maka harus menandatangani lembar persetujuan .

III.8.2. Tanpa nama

Untuk menjaga kerahasiaan identitas responden, peneliti tidak mencantumkan nama subyek pada lembar pengumpulan data yang diisi oleh subyek dan berisi nomer dan kode tertentu.

III.8.3. Kerahasiaan (confidentiality)

Kerahasiaan subyek dijamin oleh peneliti. Hanya kelompok data tertentu saja yang akan disajikan atau dilaporkan sebagai hasil penelitian.

II.8.4. Keterbatasan penelitian

  1. Instrumen pengumpulan data dirancang sendiri oleh peneliti, oleh karena itu validitas dan reabilitasnya masih perlu diuji.
  2. Pengumpulan data dalam kuesioner menggunakan pertanyaan tertutup, sehingga menimbulkan presepsi yang berbeda sehingga hasilnya kurang mewakili secara kuantitatif.

About Mbah Yat

yatinem ibu 4 orang anak

Diskusi

One thought on “Bab III

  1. untuk pengertian kehamilan nya ko tidak dibahas yaa…saya bisa menghubungi dimana yaa…

    Posted by ghesa | Februari 12, 2010, 2:03 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: